gggg


Berbagi pengetahuan

Kamis, 25 Oktober 2018

Manajemen humas pada lembaga pendidikan

14
BAB II
MANAJEMEN HUMAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian, Fungsi, Prinsip, Tujuan dan Strategi Manajemen Humas
1. Pengertian Manajemen Humas
Manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu dari asal kata manus yang
berarti tangan dan agere yang berarti melakukan. Kata-kata itu digabung
menjadi kata kerja managere yang artinya menangani. Managere
diterjemahkan ke dalam bahasa inggris dalam bentuk kata kerja to manage,
dengan kata benda managemen dan manager untuk orang yang melakukan
kegiatan manajemen. Akhirnya, managemen diterjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia menjadi manajemen atau pengelolaan (Usman,
Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, 2006 : 3)
Namun untuk menjelaskan arti manajemen, tidak dapat terlepas dari
pengertian ilmu administrasi pendidikan, yaitu penggunaan atau aplikasi
ilmu administrasi ke dalam pendidikan. Oleh karena itu ada baiknya
terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan “administrasi”.
Menurut Sondang P. Siagian dalam bukunya Filsafat Administrasi
mendifinsikan administrasi yaitu merupakan keseluruhan proses kerjasama
antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas
tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya (
Siagian, 2003 : 2). Sedangkan administrasi dapat juga diartikan sebagai
suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar