gggg


Berbagi pengetahuan

Rabu, 24 Oktober 2018

KEBIJAKAN PENDIDIKAN DIERA PERUBAHAN

Nama : Sri Wahyuni
NIM : 1532900172
Kelas : MPI D
MK : Kebijakan Pendidikan (Artikel ke-2)

KEBIJAKAN PENDIDIKAN DIERA PERUBAHAN

Perubahan adalah sesuatu yang unik yang terjadi pada diri seseorang dalam kesehariannya. Perubahan itu sendiri terjadi berbeda-beda pada setiap orangnya.  Perubahan ada karena adanya inovasi untuk perubahan itu sendiri. Untuk menciptakan sebuah perubahan yang terarah maka kita membutuhkan yang namanya sebuah kebijakan pendidikan. Karena Pendidikan adalah lembaga yang dapat dijadikan sebagai agen pembaharu/perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial yang disebut dengan pembangunan nasional.
Perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan sangat diperlukan dalam menghadapi sebuah kehidupan global seperti sekarang ini. Pendidikan dan perubahan sosial, keduanya saling bertautan satu dengan yang lain. Keduanya saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat. maka dari itu diperlukannya sebuah kebijakan pendidikan dalam perubahan. Kebijakan adalah sesuatu yang kita lakukan atau sebuah konsep dasar dari pelaksanaan sebuah kegiatan. Kebijakan pendidikan digunakan sebagai landasan dalam perubahan sistem pendidikan di Indonesia ini.
Apabila Kebijakan dikaitkan dengan pendidikan, maka kebijakan pendidikan adalah sebuah konsep dasar yang dipakai dalam kegiatan pendidikan. kebijakan itu dianggap perlu karena memang dalam sebuah kegiatan pembelajaran didalam suatu lembaga memerlukan sesuatu hal yang terarah. Terarah itu sendiri berawal dari sebuah kebijakan itu sendiri untuk melakukan kebijakan pendidikan. Contohnya sekolah islami menerapkan kebijakan kurikulum K13 ditahun ini, namun ditahun-tahun sebelumnya karena memang sekolah itu merupakan sekolah awal, maka diperlakukannya kurikulum KTSP. Tapi karena KTSP sangat memberatkan siswa dan memang perlu adanya sebuah perubahan dalam sebuah kurikulum itu.
Kebijakan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah menerapkan K-13 dalam kegiatan proses pembelajarannya. Dengan begitu, dengan memberlakukannya K13 maka kebijakan yang dilakukan disekolah ini yaitu melaksanakan sholat dhuha dan pembacaan al-quran sebelum memulai pembelajaran. Karena sekolah tersebut adalah sekolah alyah maka dia ingin menekankan pada kekuatan spiritual. Setelah selesai sholat dhuha dan pembacaan al-quran barulah dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Sekarang ada kebijakan baru yaitu perubahan kebijakan diera globalisasi ini kita harus tahu darimana kita harus memulai perubahan itu. dan bagaimana dampaknya dari perubahan tersebut, dampak baik dan buruknya pada sekolah tersebut.
Dengan adanya penerapan K 13 jelas kita akan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Seperti kita tahu sekarang ada kebijakan K13, maka dengan begitu kita dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada masa globalisasi seperti saat ini.
Jadi, kebijakan pendidikan jelas sangat berpengaruh terhadap perubahan diera globalisasi saat ini. pendidikan terkenal sebagai agen perubahan. Dengan begitu kebijakan pendidikan harus tetap dan selalu direalisasikan guna menciptakan perubahan-perubahan inovatif yang berkelanjutan. Karena sebuah perubahan membutuhkan sebuah patokan atau arahan agar sebuah perubahan tersebut akan berdampak pada perubahan yang positif yaitu dengan melalui pendidikan. Agar pendidikan dapat memberikan perubahan yang signifikan, maka pendidikan memerlukan sebuah kebijakan pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar