gggg


Berbagi pengetahuan

Kamis, 25 Oktober 2018

Kkn

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Tingginya tingkat kesadaran masyarakat muslim akan pentingnya bekal pendidikan Alquran sejak dini membuat perkembangan pendidikan Alquran mengalami kemajuan yang pesat. Aneka ragam jenis pendidikan Alquran yang dikenal dengan sebutan Taman Kanak-kanak Alquran (TKA/TKQ), Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ), Ta’limul Quran lil Aulad (TQA) dan bentuk lain yang sejenis, saat ini telah tersebar luas di tanah Air. Peraturan pemerintah nomor 55 pasal 24 ayat 1 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan menjelaskan bahwa Taman Pendidikan Alquran adalah sebuah lembaga pendidikan keagamaan non formal yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, memahami dan mengamalkan kandungan Alquran.1 Secara umum, TPA bertujuan untuk menyiapkan santriwan dan santriwatinya menjadi generasi Qur’ani, yakni generasi yang berkomitmen terhadap Alquran dan menjadikan Alquran sebagai pandangan hidup sehari-hari.Untuk dapat mencapai tujuan sebagaimana diatas, Sebagian besar dewan asātiż (pendidik) di lembaga pendidikan keagamaan non formal melaksanakan tugasnya lebih karena didorong oleh rasa pengabdian mengamalkan ilmu yang dimiliki sehingga bukanlah hal yang mudah ketika mereka dituntut untuk bekerja lebih profesional dan diminta untuk mengembangkan ketrampilan dan kompetensi yang mereka miliki karena mereka juga tidak pernah menuntut gaji yang maksimal. Untuk itu diperlukan sebuah pendekatan tersendiri dan pengaturan rencana manajemen pengembangan sumberdaya pendidik yang berkualitas. Pengembangan sumber daya pendidik yang dilakukan harus sejalan dengan visi, misi, nilai, dan tujuan yang telah direncanakan oleh pihak lembaga pendidikan. TPA sebagai sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan baca tulis Alquran dan mencoba menanamkan perasaan cinta Alquran pada anak didiknya tentu haruslah mempunyai pelaksanaan manajemen pengembangan yang berbeda dengan lembaga pendidikan yang lain, karena fokus pembelajaran ada pada tata cara membaca Alquran dan pengetahuan tentang ubudiyah Islam. Maka di sinilah manajemen pengembangan sumber daya pendidik sangat diperlukan untuk mengoptimalkan peran dan kerja pendidik. Sehingga nantinya kepercayaan masyarakat yang menjadikan TPA Babul Jannah sebagai TPA unggulan tidak luntur dan TPA mampu menghasilkan output (santriwan dan santriwati) yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat diperoleh suatu rumusan masalah tentang bagaimana pengeolaan sumber daya manusia TPA di Babul Jannah? C. Tujuan Dari rumusan masalah di atas maka dapat di peroleh tujuan dari penelitian adalah untuk bisa memahami penglolaan sumber daya manusia TPA di Babul Jannah. BAB II PEMBAHASAN A. Topografi 1. Potensi Sumber Daya Alam Kelurahan Karang Jaya yang memiliki luas ± 207 Ha adalah salah satu dari 5 (lima) kelurahan yang ada di dalam wilayah Kecamatan Gandus Kota Palembang yang memiliki keadaan alam dan bentuk permukaan tanahnya sebagian besar berbentuk daratan dan sebagian lagi berbentuk rawa/lebak. Adapun batas wilayah Kelurahan Karang Jaya dapat dilihat sebagai berikut : 1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Bukit Lama 2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Keramasan 3. Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Karang Anyar 4. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Gandus 2. Kependudukan 1) Jumlah Penduduk Karang Jaya adalah 12.167 Jiwa dengan rincian sebagai berikut 2) Laik-laki : 6.049 Orang 3) Perempuan : 6.118 Orang 4) Jumlah KK : 2.903 KK Demikian tabel yang menjelaskan jumlah penduduk di Krang Jaya Palembang : Tabel 1 Data Jumlah KK dan Penduduk Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang No Nama Ketua Rt Rt Jumlah KK Jumlah Penduduk 1 2 4 5 1. Mgs. M. Soleh 01 153 615 2. Arjun 02 116 464 3. Diding Juwanda 03 120 480 4. Suherman 04 90 360 5. Bambang Suprianto 05 150 750 6. Sofar 06 112 480 7. Tarjono 07 111 550 8. M. Arpan Karim 08 104 520 9. Dodi Aprianto 09 190 760 10. Harun Muchtar 10 117 468 11. H.M.Mahardi Hasan 11 65 260 12. Ir.H. Lukman Ansari, MM 12 77 308 13. Mukrim 13 79 316 14. Drs.Astamidin 14 150 600 15. Drs. H. Darwin 15 137 548 16. H.M.Nuh Tambuh 16 60 300 17. Drs. H.Nasrun 17 57 285 18. Suratman 18 112 560 19. Siswoko 19 70 280 20. Leni Marini 20 225 1100 21. Sunar 21 121 484 22. Wasirin 22 139 556 23. Herliyanto 23 117 585 24. Badarudiidn 24 143 572 25. Sulaidin 25 115 460 26. Sugeng Karyono 26 89 445 27. Mareta Lus Wijaya 27 101 502 28. Sari sudarmono 28 85 330 Jumlah 3205 13938 3. Mata Pencarian Sumber mata pencarian penduduk Kelurahan Karang Jaya beraneka ragam antara lain adalah : a. Buruh b. Wiraswasta c. Pegawai Negeri Sipil d. Pegawai BUMN dan Swasta e. TNI – POLRI f. Pensiunan PNS dan Purnawirahan TNI / POLRI g. Pedagan Kecil h. Penarik Becak / Ojek. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kelurahan Karang Jaya dapat dilihat dari tabel di bawah ini : Tabel 2 Jumlah Penduduk Kelurahan Karang Jaya Berdasarkan Mata Pencaharian Tahun 2017 No. Mata Pencaharian Jumlah 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. PNS ABRI POLRI Swasta BUMN Pensiunan Warakawuri Para Medis Tani Dagang Buruh Pelajar / Mahasiswa Wiraswasta Lainnya 1.315 25 10 457 112 355 15 16 20 457 2.601 1,527 405 4522 J U M L A H 11.837 Sumber : Data Monografi Kelurahan Karang Jaya Th. 2017 4. Sarana dan Prasarana di Karang Jaya Fasilitas pendidikan di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat pada tabel berikut ini : Tabel 3 Jumlah Prasarana Pendidikan di Kelurahan Karang Jaya Tahun 2016 No. Pendidikan Status Jumlah Negeri Swasta 1. 2. 3. 4. 5. 6 PAUD TK SD SMP SMA Perguruan Tinggi - 2 2 2 1 2 - - - - 2 2 2 2 1 Sumber : Data Monografi Kelurahan Karang Jaya Th. 2017 Untuk menyelaraskan pasal 29 ayat 1 dan 2 undang-undang Dasar 1945, di Kelurahan Karang Jaya telah dibangun tempat peribadatan, sebagai upaya untuk meningkatkan ketaqwaan dan keharmonisan antara pemeluk agama. Hal ini dapat dilihat pada tabel di bawah ini : Tabel 4 Sarana Peribadatan di Kelurahan Karang Jaya Tahun 2017 No. Tempat Ibadah Jumlah 1. 2. 3. 4. 5. Masjid Langgar/Musholla Gereja Pura Vihara 6 5 - - - Sumber : Data Monografi Kelurahan Karang Jaya Th. 2016 5. Agama Penduduk di Karang Jaya Penduduk Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Kota Palembang mayoritas beragama Islam, hal ini dapat dilihat pada tabel berikut : Tabel 5 Jumlah Penduduk Kelurahan Karang Jaya Berdasarkan Agama Tahun 2017 No. Agama Jumlah L P 1. 2. 3. 4. 5. Islam Kristen Protestan Kristen Katholik Budha Hindu 5.946 - - - - 6.006 - - - - JUMLAH 6.049 6.118 Sumber : Data Monografi Kelurahan Karang Jaya Th. 2016 6. Data pegawai kelurahan Karang Jaya Berikut ini adalah nama-nama pegawai di kelurang Karang Jaya berdasarkan jabatan : Tabel 6 Nama Pegawai Kelurahan Karang Jaya Berdasarkan Jabatan No Nama/nip Pangkat Golongan Jabatan 1. I m r o n, SH Nip 196106131980031001 Iii/d Lurah 2. Wagiman Nip.195912101983031008 Iii/b Sekretaris Kelurahan 3. Zundeta, SE Nip. 196102101992032002 Iii/d Kasi Pemerintahan 4. Ardiantoro Muadz Nip. 196608141987031004 Iii/b Kasi Pembangunan 5. Heri Jumadi, SH Nip. 197611122001121003 III/b Kasi Tramtib 7. Darman Yudiansah, SE PLKB 8. Nur Azmi , SE Honorer 9. Untung Falientino Honorer 10. Lisa Apriyanni, S.Pd Honorer 11. Meli Apriyanti Honorer Sumber : Daftar Urutan Kepangkatan (DUK) Kel. Karang Jaya Th. 2017 7. Data RT dan RW Karang Jaya Untuk Kelancaran roda pemerintahan di Tingkat Kelurahan di bentuk perangkat RW dan RT yang terdiri dari : 1) Jumlah Rukun tetanga (RT) : 28 RT 2) Jumah Rukun Warga (RW) : 6 R Berikut adalah tebel data Rt dan Rw Karang Jaya kecamatan Gandus Palembang Tabel 7 Data Perangkat RW dan Rt Tahun 2017 Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang NO NAMA RW RT Alamat 1 2 3 4 5 1. Zainal Asikin 01 Jl.Syakyakirti 2. M. Soleh 01 Jl.Syakyakirti Lr.Pancasila 3. Arzun 02 Jl.Syakyakirti Lr.Kakap 4. Diding Juwanda 03 Jl.Syakyakirti Lr.Galian Situs 5. Suherman 04 Jl.Syakyakirti Lr,Rajawali 6. Mukrim 13 Jl.Syakyakirti Lr.Pancasila 7. H.M.Daud SPd,SH.M.Si 02 Jl. Lettu Karim Kadir 8. Harun Muchtar 10 Jl. Lettu Karim Kadir 9. Suratman 18 Jl. Lettu Karim Kadir 10. Leni Marini 20 Jl. Waringin Laut 11. Sulaidin 25 Jl. Lettu Karim Kadir 12. A.Roni Utih 03 Jl. Lettu Karim Kadir 13. Siswoko 19 Jl. Lettu Karim Kadir 14. Sunar 21 Jl. Lettu Karim Kadir 15. Wasirin 22 Jl. Lettu Karim Kadir 16. Herliyanto 23 Jl. Lettu Karim Kadir 17. Badarudin 24 Perum Mitra Permai 18. H.Suryanto Ismail,SE.MSi. 04 Komp Bukit Sejahterah 19. M.Mahardi Hasan 11 Komp Bukit Sejahterah 20. Ir. Lukman Ansari 12 Komp Bukit Sejahterah 21. Drs.Astamidin 14 Komp Bukit Sejahterah 22. Ir.H.Darwin, MM 15 Komp Bukit Sejahterah 23. H.M.Nuh Tambuh 16 Komp Bukit Sejahterah 24. Drs. H.Nasrun 17 Komp Bukit Sejahterah 25. Sutarto,SH 05 Jl.Musyawarah 26. Tarjono 07 Jl. Pipa Pusri Lr.Keluarga 27. M. Arpan karim 08 Jl. Musyawarah 28. Sugeng Karyono 26 Jl. Musyawarah Lr. Sedulur 29. Mareta Lus Wijaya 27 Jl. Musyawarah Griya Mitra II 30. Leni Andriani,S 06 Jl. PDAM Tirta Musi 31. Bambang Suprianto 05 Jl. PDAM Tirta Musi 32. Sofar 06 Jl. PDAM Tirta Musi 33. Dodi Aprianto 09 Jl.PDAM Tirta Musi 34. Sari Sudarmono 28 Jl.PDAM Griya Anandra 8. Kegiatan keagamaan di Karang Jaya Adapun kegiatan keagaamaan yang rutin di laksanakan di kelurahan karang jaya adalah sebagai berikut: 1) Taman Pendidikan Al-Qur’an untuk tingkat TK dan remaja yang meliputi a. TK TPA Masjid Nur-Iman b. TK TPA Masjid Al-Ikhlas c. TK TPA Langgar Babul Janah 2) Pengajian Ibu-ibu di : a. Masjid Nur-Iman b. Masjid Al- Ikhlas c. Masjid Mujahidin d. Masjid Nurul Aisyah e. Masjid Al-Mujahirin f. Pengajian Roudhatunissa Kelurahan dan Anak Ranting g. Langgar Taqwa h. Langgar Babul Janah B. Permasalahan 1. Uraian a. Pengertian Manajemen Sumber Daya Pendidik Secara semantis kata manajemen yang umum digunakan saat ini berasal dari kata kerja “to manage” yang berarti mengurus, mengatur, mengemudikan, mengendalikan, menangani, mengelola, menyelenggarakan, menjalankan, melaksanakan dan memimpin. Kata “management” berasal dari bahasa Latin “mano” yang berarti tangan, kemudian menjadi “manus” berarti bekerja berkali-kali dengan menggunakan tangan, ditambah dengan imbuhan “agere” yang berarti melakukan sesuatu. Kamus webster’s new cooligatedictionary sebagaimana dikutip oleh Ara Hidayat dan Imam Machali menjelaskan bahwa kata manage berasal dari bahasa Itali “managgio” dari kata “managgiare” yang selanjutnya kata ini berasal dari bahasa Latin “manus” yang berarti tangan (hand). Kata managediartikan dengan membimbing dan mengawasi, memperlakukan dengan seksama, mengurus perniagaan atau urusan-urusan, mencapa tujuan tertentu . Dari berbagai pengertian manajemen berdasarkan akar katanya, banyak definisi manajemen yang diajukan oleh para tokoh ahli manajemen. Namun tentunya dari berbagai definisi yang ada tidak keluar dari substansi manajemen secara umum yang dimaknai sebagai usaha memanage (mengatur) organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara efektif dan efisien. Efektif berarti mampu mencapai tujuan dengan baik (doing the right thing), sedangkan efisien berarti melakukan sesuatu dengan benar (doing thing right) . Sirkula mendefinisikan administrasi personalia (personnel administration) sebagai penarikan, seleksi, penempatan, indoktrinasi, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (tenaga kerja) oleh dan di dalam sebuah organisasi . Sedangkan Mondy dan Noe mendefinisikan manajemen sumber daya manusia (human resource management) sebagai “pendayagunaan” sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Kemudian menurut Veithzal Rivai (2009 : 1) Manejemen SDM merupakan salah satu bidang dari manajemen umum meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian . Jadi, dari sejumlah definisi yang diungkapkan di atas, manajemen sumber daya manusia dapat di artikan sebagai pendayagunaan sumberdaya manusia di dalam organisasi, yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumber daya manusia, perencanaan, dan pengembagan karir, pemberian kompensasi dan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, dan hubungan industrial. Sebagaimana manajemen, ada beberapa variasi pula dalam pengertian MSDM . Namun demikian dari semua pengertian yang ada dapat kita tarik sebuah benang merah bahwa fokus kajian MSDM adalah masalah tenaga kerja manusia yang diatur menurut urutan fungsi-fungsinya, agar efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan lembaga. Tujuan manajemen sumber daya manusia pada lingkup pendidikan tentu berbeda dengan manajemen sumber daya manusia pada lingkup bisnis. Di dunia pendidikan, tujuan manajemen sumber daya manusia lebih mengarah pada pembangunan pendidikan yang bermutu, membentuk sumber daya manusia yang handal, produktif, kreatif dan berprestasi. b. Analisis Manajemen Sumber Daya Pendidik di TPA Langgar Babul Jannah Karang Jaya Palembang. Berdasarkan pengertian di atas maka pengelolaan sumber daya manusia di suatu pendidik sangat di perlukan dalam suatu organisasi. Dengan demikian Menurut Wawancara dan penelitian yang di lakukan di TPA langgar Babul Jannah, TPA Babul Jannah berdiri 3 tahun yang lalu yang dirikan oleh mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Palembang. TPA ini selanjutnya diteruskan oleh seseorang yang telah menetap di sekitar TPA tersebut. TPA babul jannah memiliki 2 tenaga pendidik yaitu ustadz Rahmat dan Juga ustadz Gian. Tenaga pendidik di TPA ini tidak di seleksi secara formal, ustadz ini bukan lulusan dari pesantrean ataupun dari sekolah agama yang memang telah di berikan pengajaran agama secara lebih mendalam, ustadz ini hanya memiliki kemampuan yang lebih dalam bidang agama. Kemampuan ini bisa dimiliki karena ustadz tersebut belajar dengan tokoh agama sehingga para pendidik tersebut memiliki kemampuan agama yang cukup baik. Pendidik di TPA Babul Jannah dalam melaksanakan pengajaran para pendidik membuat jadwal pada pembelajaran selama seminggunya. Di dalam TPA tersebut belum terkoordinasi dengan semestinya karena TPA tersebut hanya melakukan pembelajaran biasa saja, bahkan tidak ada pembayaran pada TPA tersebut sehingga tenaga pengajar yang mengajar hanya yang benar-benar ingin mengajar di TPA tersebut atau bisa disebut tenaga sukarela. TPA Babul Jannah juga tidak terdapat seseorang yang memimpin jalannya kegiatan yang ada pada TPA tersebut, hanya ada Tenaga pengajar yang merangkum sebagai pengelola dan juga pengajar di TPA Babul Jannah. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa sumber daya manusia yang ada pada TPA Babul Jannah kurang memadai. Seharusnya ada penambahan dalam sumber daya manusia yang ada sehingga aktivitas yang ada di TPA Babul Jannah dapat berjalan dengan semestinya. C. Aktivitas 1. Program internal Untuk melaksanakan aktivitas KKN Mandiri maka terdapat program kerja internal agar kegiatan KKN dapat berjalan dengan lancar, berikut ini adalah program kerja internal : Tabel 8 Kegiatan Internal No. KEGIATAN RUTIN PUKUL 1 Bangun tidur 04.00 WIB 2 Sholat Tahajjud 04.10 – 04.45 WIB 3 Sholat Subuh (Berjamaah) 04.50 WIB 4 Mandi, cuci pakaian (individu), belanja buat masak 05.10 – 07.00 WIB 5 Masak sarapan pagi dan siang 07.00 – 07.40 WIB 6 Makan bersama 07.40 – 08.00 WIB 7 Bersih-bersih Posko (Membersihkan tempat tidur, dapur, lantai dll) 08.00 – 09.00 WIB 8 Menjalankan Program yang Dibuat 09.00 – 12.00 WIB 9 Ishoma (Istirahat, Sholat, Makan) 12.00 – 13.00 WIB 10 Melanjutkan Program yang Dibuat 13.00 – 16.00 WIB 11 Pulang ke Posko, Isho (Istirahat, Sholat) 16.00 – 17.00 WIB 12 Masak untuk makan malam 17.00 – 18.00 WIB 13 Sholat maghrib dan isya berjamaah sekaligus melaksanakan program kerja bersama IRMA dan TK/TPA musholah (mengajar ngaji, mengajar bimble) 18.00 – 20.20 WIB 14 Makan malam bersama 20.20 – 20.40 WIB 15 Diskusi, sekaligus evaluasi hasil program yang telah dikerjakan 20.40 – 21.30 WIB 16 Tidur 21.30 – 04.00 WIB 2. Program eksternal Tabel 9 PROGRAM KERJA KULIAH KERJA NYATA (KKN) No. Bidang Garapan Jenis Kegiatan Sasaran Hasil yang diharapkan Bentuk Pelaksanaan Tanggal Pelaksanaan 1. Pendidikan Formal Tugas Pembantuan Pengajaran: (mata pelajaran pendidikan agama Islam) Satuan Pendidikan (PAUD, TK, SD, SMP /SMA) disesuaikan dengan keadaan desa Membantu kinerja guru yang bekerja disatuan pendidikan desa Karang Jaya Bantuan pengajaran dan konsultasi 2. Pendidikan Luar Sekolah 1. Pengadaan Belajar Tambahan (BIMBEL) 1. Anak-anak TK / SD 1. Anak-anak semakin memperdalam dan memahami pelajaran yang disampaikan disekolah Penyaluran dan Praktek : 1. Pendidikan Agama 2. Bahasa Ingris 3. Ilmu Kemasyaratan 2. Pengembangan Karang Taruna 2. Warga Pengurus Karang Taruna 2. Mengaktifkan kembali kegiatan kepemudaan 4. Membantu Pengajian Ibu dan Anak-Anak 4. Ibu rumah tangga dan Anak-anak warga sekitar 3. Terciptanya pemahaman ibu dan anak-anak tentang mengaji 3. Kesehatan dan Lingkungan 1. Pembinaan dan penyaluran pola hidup bersih dan sehat (PHBS) 1. Warga sekitar karang jaya gandus 1. Dapat memberikan pengetahuan pola hidup sehat, salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan 1. Penyuluhan 2. Membantu kegiatan posyandu 2. Ibu dan balita 2. Menambah keaktifan kegitan posyandu yang telah ada 2. Pengaktifan program posyandu 3. Mengadakan kegiatan minggu sehat 3. Warga desa 3. Terciptanya kesehatan jasmani dan rohani 3. Senam 4. Gotong Royong/ Minggu 4. Warga Sekitar 4. Terciptanya lingkungan yang besih dan sehat 4. Kerja Bakti di lingkungan sekitar dan Mushalah 4 Musholah 1. Pembinaan tentang kepemudahan mengenai Islam 2. Membantu anak-anak TK/TPA belajar mengajih 3. Membantu pemuda Ikatan Remaja Masjid belajar hadroh 4. Membantu ibu-ibu pengajian belajar mengaji, tausyah keislaman 1. Pemuda dan warga sekitar 2. Ibu-ibu rumah tangga 1. Anak-anak, Pemuda, dan warga sekitar semakin memperdalam dan 2. memahami pelajaran agama islam, sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari 1. Penyaluran dan Praktek : a. Mengaji (tahsin/ tahfizd) b. Hadroh c. Publick Speaking d. Tausyiah e. Konsultan 3. Aktivitas Keseharian Berikut ini adalah Tabel Pelaksanaan Program Kerja Berdasarkan Waktu, Lokasi dan Peserta: No Waktu Kegiatan Tempat 1 Minggu, 26 November 2017  Pembekalan KKN Di Masjid UIN Raden Fatah Palembang 2 Kamis, 30 November 2017  Serah Terima KKN dan Survei Lokasi KKN Masjid UIN Raden Fatah Palembang dan Kelurahan Karang Jaya 3 Jum’at, 01 Desember 2017  Menempati Posko dan memasukan barang-barang  Silaturahmi dengan ketua RT 01 Karang Jaya 4. Sabtu, 02 Desember 2017  Melakukan Pembersihan di Lingungan Sekitar Posko Karang Jaya 5. Minggu, 03 Desember 2017  Melakukan gotong royong di sekitar Posko Karang Jaya 6. Senin, 04 Desember 2017  Silaturhami dengan Pegawai Kantor Kelurahan Karang Jaya 7. Selasa, 05 Desember 2017  Apel bersama Staf Kecamatan Gandus  Mengajar di Paud Sahabat Gandus 8. Rabu, 06 Desember 2017  Membuat rencana program kerja  Menghadiri maulid nabi Muhammad SAW di Mushola Babul Jannah Karang Jaya 9. Kamis, 07 Desember 2017  Survei lingkungan sekitar posko  Serah terima kantor lurah.  Kumpul dengan DPL Karang Jaya 10. Jum’at, 08 Desember 2017  Melakukan pembersihan di kelurahan Karang Jaya Karang Jaya 11. Sabtu, 09 Desember 2017  Melakukan Pembersihan di Lingkungan sekitar posko Karang Jaya 12. Minggu, 10 Desember 2017  Melakukan gotong royong di RT 20 bersama bapak lurah karang jaya beserta staf nya Jln Waringin 13. Senin, 11 Desember 2017  Silaturhmi ke Kantor Kelurahan Karang Jaya Karang Jaya 14. Selasa, 12 Desember 2017  Survei Ke SDN Negeri 145 dan PAUD Sahabat Karang Jaya 15. Rabu, 13 Desember 2017  Memasukkan surat ke SD dan PAUD untuk pengabdian ke lembaga pendidikan tersebut  Kumpul dengan DPL untuk mendapat arahan. Di SDN 145 Palembang dan PAUD Sahabat 16. Kamis, 14 Desember 2017  Mulai mengejar di SDN 145/ PAUD Sahabat  silaturhhami di kantor kelurahan Karang Jaya Karang Jaya 18. Jum’at, 15 Desember 2017  Kegiatan mengajar di SDN 145/ PAUD Sahabat  Mengikuti pengajian ibu-ibu  Mengajar Ngaji di langgar Babul Jannah Karang Jaya 19. Sabtu, 16 Desember 2017  Melakukan Pembersihan di Lingkungan sekitar posko Karang Jaya 20. Minggu, 17 Desember 2017  Gotong Royong di Sekitar Keluarahan 21. Senin, 18 Desember 2017  Mengajar di PAUD Sahabat  Penyuluhan Kesehata Jln Waringin 22. Selasa, 19 Desember 2017  Kunjungan ke Paud Sahabat Jln Waringin 23, Rabu, 20 Desember 2017  Kegiatan Mengajar pembagian raport di PAUD Sahabat  Mengajar ngaji di TPA langgar Babul Jannah Jln Waringin 24. Kamis, 21 Desember  Kegiatan mengajar di SDN 145 Jln Waringin 25. Jum’at 22 Desember 2017  Mengajar di SDN 145 Palembang.  Mengajar ngaji di TPA Babul Jannah Jln Waringin 26. Sabtu, 23 Desember 2017  Pembagian Raport SDN 145  Perpisahan dengan SDN 145 Palembang. Jln Waringin 2. Dokumentasi kegiatan KKN Dari kegiatan KKN mandiri demikian adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut : Foto 1 Penyerahan Mahasiswa KKN Kelompok 8 oleh DPL ke Kelurahan Foto 2 Gotong-royong di Kelurahan Foto 3 Kegiatan Belajar Mengajar di PAUD Mahkota Dewa Foto 3.1 Kegiatan Belajar Mengajar di PAUD Sahabat 3.2 Kegiatan Belajar Mengajar di PAUD Sahabat Foto 3.3 Kegiatan Belajar Mengajar di PAUD Sahabat Foto 4 Kegiatan Tadarus di Posko Foto 5 Kegiatan Belajar Mengajar di SD Negeri 145 Foto 5.1 Foto 6 Perpisahan SD Negeri 145 Foto 7 Kegiatan mengajar Bersama Anak TPA Babbul Jannah Foto 8 Silahturahmi DLP dan Mahasiswa KKN Kelompok 5, 6, 7 dan 8 Foto 9 Gotong-Royong di RT 20 Foto 10 Serah Terima Peserta KKN Mandiri Tahun 2017 Foto 11 Perpisahan dengan PAUD Sahabat Foto 12 Pengajian dengan Ibu-ibu BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Dari penjelasan di dalam pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan pendayagunaan sumberdaya manusia di dalam organisasi, yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumber daya manusia, perencanaan, dan pengembagan karir, pemberian kompensasi dan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, dan hubungan industrial. Manajemen sumber daya manusia TPA Babul Jannah belum di lakukan secara baik karena kurangnya sumber daya manusia di dalamnya sehingga kegiatan belajar dan mengajar hanya di lakukan sekedarnya saja. B. Saran Dari penelitian yang di lakukan maka penulis dapat memberi saran sebagai berikut : 1. Sebaiknya sumber daya manusia yang ada di tambah agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik. 2. Sebaiknya adanya seseorang yang melakukan pengelolaan kepada sumber daya manusia yang ada. 3. Sebaiknya sumber daya manusia di TPA Babul Jannah di beri tugasnya masing-masing agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang di inginkan. DAFTAR PUSTAKA Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia.(Jakarta : Bumi Aksara.), Hidayat , Ara dan Imam Machali. 2012. Pengelolaan Pendidikan : Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. (Yogyakarta : Kaukaba,) Kurnia, Didin din dan Imam Machali. 2012. Manajemen Pendidikan : Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta, hlm : 3 Suwatno dan Donni Juni Prinsa. Manajemen Sumber Daya Manusia : dalam Organisasi Publik dan Bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar