gggg


Berbagi pengetahuan

Rabu, 24 Oktober 2018

Upaya meningkatkan kemampuan baca tulis alquran warga desa kasmaran

LAPORAN INDIVIDU

KULIAH KERJA NYATA (KKN)
BERBASIS RISET DAN PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL BERKARAKTER ANGKATAN KE-69 TAHUN 2018

“PERAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN MINAT BACA SISWA SD NEGERI 1 DI DESA KASMARAN KECAMATAN. BABAT TOMAN KABUPATEN. MUSI BANYUASIN”

Oleh:
Nama :  Yesi Maftalina
NIM :  1532900176






LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
 (LP2M)
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
TAHUN 2018


PENGESAHAN LAPORAN KKN INDIVIDU

Setelah diverifikasi oleh Tim Panitia Pelaksana KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter tahun 2018 pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, pada
Hari / Tanggal :
Tempat : LP2M UIN Raden Fatah Palembang
Nama : Yesi Maftalina
Nim : 1532900176
Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Fak / prodi : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Judul Laporan :

Maka Laporan KKN Saudara/i dapat diterima untuk melengkapi sebagian syarat guna memperoleh nilai akhir dan sertifikat KKN.

TIM PENGESAHAN

Palembang       September 2018
Ketua LP2M Dosen Pembimbing Lapangan



Dr. Syefriyeni, M.Ag              Drs. Aliasan, M.Pd.I
NIP. 197209011997032003








KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rakhmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu tugas yang diberikan lembaga untuk tugas laporan dilanjutkan sebagai bukti telah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan KKN yang dilaksakanan pada tanggal 11 Juli 2018 sampai dengan 24 Oktober 2018. Dengan tema “KKN BERBASIS RISET DAN PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL BERKARAKTER ”.
Materi dalam laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang disusun ini merupakan kewajiban seluruh mahasiswa yang menempuh program S1. Karena melalui KKN ini wawasan dan pengetahuan terus bertambah terutama dalam mengaplikasikan disiplin ilmu yang didapat dari perkuliahan kemudian dikembangkan di masyarakat.
Dalam melaksanakan KKN di Desa Kasmaran Kec. Babat Toman kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan, Maupun dalam penyusunan laporan ini banyak kendala yang ditemukan. Namun berkat bantuan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak segala kesulitan dapat di selesaikan tanpa kesulitan yang berarti.
Dengan demikian melalui laporan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1. Allah SWT. Yang telah memberikan cinta, kekuatan, kesabaran, dan rahmat sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
2. Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan perantara petunjuk jalan kebenaran bagi semua umat manusia termasuk penulis.
3. Orang tua tercinta yang senantiasa memberikan do’a terbaik
4. Bapak Prof. Drs. H. M. Sirozi, MA., Ph.D, selaku Rektor UIN Raden Fatah Palembang.
5. Ibu Dr. Syefriyeni, M,Ag selaku ketua LPPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat UIN Raden Fatah Pelembang.
6. Bapak Dr. Achmad Syarifudin, M.A selaku Ketua Pelaksana program kegiatan KKN Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.
7. Drs. Aliasan, M.Pd. I, Selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 43
8. Bapak Efendi Umar Selaku Kepala Desa Kasmaran Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin.
9. Segenap Aparat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Anggota Karang Taruna serta Masyarakat Desa Kasmaran yang telah memberikan dukungan dalam segi apapun selama kegiatan KKN.
10. Rekan-rekan mahasiswa peserta KKN Kelompok 43.
Selanjutnya sebagai rasa tanggung jawab kami, berikut ini kami laporkan tentang pelaksanaan tugas studi KKN ini secara individu dengan harapan semoga berkenan diterima dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pelaksanaan KKN di tahun yang akan datang agar semakin baik dan berprestasi.
Atas segala kekurangan dan kelemahan dalam laporan ini, penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca terutama dari pihak UIN Raden Fatah, demi perbaikan dimasa yang akan datang.
 Semoga segala kebaikan yang telah diberikan mendapat pahala yang berlipat ganda.
Palembang,   September 2018
Mahasiswa KKN


Yesi Maftalina
Nim 1532900176









HALAMAN JUDUL
PENGANTAR PENULIS
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL/GAMBAR

BAB I  PENDAHULUAN



























BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
KKN atau Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang sampai saat ini mengalami perkembangan cukup dinamis dalam pengolahan dan pelaksanaan. Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu komponen kegiatan akademik yang merupakan kegiatan tri dhama perguruan tinggi, disamping pendidikan dan penelitian. Dengan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat disamping kedua dharma yang lain diharapkan selalu ada interaksi antara perguruan tinggi dan masyarakat, untuk mengantisipasi terjadinya isolasi perguruan tinggi dari masyarakat sekitarnya.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pola pengabdian masyarakat yang diharapkan menjadi bagian pemberdayaan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun dalam realitas sosial masyarakat yang sebenarnya. Kuliah Kerja Nyata (KKN) lahir dari saham mahasiswa dalam pembangunan. Yang muncul dari kesadaran mahasiswa sebagai calon sarana dapat bekerja untuk pembangun dengan keluar dari ruangan kuliah dan perpustakaan untuk bekerja di lapangan. KKN Tematik posdaya merupakan suatu program yang dirancang oleh pusat pengembangan wilayah dan kuliah kerja nyata yang merupakan bagian dari lembaga pengabdian pada masyarakat. KKN tematik posdaya merupakan salah satu jenis KKN tematik yang bertujuan membentuk, membina dan mengembangkan Posdaya sebagai terobosan baru dalam pemberdayaan masyarakat, melalui pemanfaatan potensi SDM dan SDA lokal.
KKN dilaksanakan selama 45 hari mengajarakan bagaimana mahasiswa berhubungan dengan lingkungan masyarakat sekitar. Tematik Posdaya yaitu suatu kegiatan KKN yang bersifat tematik dari beberapa disiplin ilmu dimana proses pelaksanaannya secara terpadu antara bidang ilmu dari fakultas masing-masing yang diselenggarakan dalam satu desa atau keseluruhan atau kawasan tertentu.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bagian dari sistem pendidikan tinggi yang menempatkan mahasiswa di luar kampus agar mahasiswa hidup di tengah-tengah masyarakat untuk membantu dan mendampingi masyarakat memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) lokal dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk mengatasi permasalahan masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Mengingat potensi dan permasalahan di masyarakat sangat komplek dan berubah sangat cepat, maka perlu dilaksanakan KKN yang berbasis membantu masyarakat dengan arahan fungsi keluarga atau sasaran Human Development untuk menghasilkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Indeks (HDI) yang tinggi.
Selama berlangsungnya kegiatan KKN di Desa Kasmaran terdapat banyak permasalahan-permasalahan yang selama ini belum dapat diselesaikan secara baik dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat, Hal ini dikarenakan tempat yang jauh dari perkotaan, minimnya tekhnologi dan informasi serta masyarakat yang cenderung sibuk dengan kegiatannya masing-masing sehingga kurang perduli terhadap kemajuan dan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan. Untuk itu sangat diperlukan penyelesaian dan solusi terbaik dalam pemecahan masalah tersebut, kerja sama dari semua pihak terutama dari perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan terkhusus Masyarakat itu sendiri sangat diperlukan dalam kemajuan dan perbaikan di masa yang akan datang.
Adapun permasalahan yang ada di Desa Sungai Medak Kecamatan Sekayu yang akan saya angkat yakni mengenai “MINIMNYA MINAT BACA ANAK-ANAK DESA KASMARAN KHUSUSNYA DUSUN 4 KASMARAN” Hal ini penulis ambil karena melihat di lapangan bahwa anak-anak yang ada di Desa Sungai Medak masih sangat minim baik dari segi bacaan maupun tajwidnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar