gggg


Berbagi pengetahuan

Minggu, 15 April 2018

Tahap-tahap manajemen kurikulum

Tahap-tahap manajemen kurikulum




Disusun oleh:
Kelompok I
Septian robinson : 15329001
Wahyu triatmojo : 1532900150
Yudi : 15329001
Sri wahyuni : 1532900172

Dosen pengampu : Ovi Fitriyanti, M. Ag


Prodi manajemen pendidikan islam
Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan
Universitas islam negeri raden fatah Palembang












Pendahuluan
Manajemen kurikulum menuntut upaya yang lebih berorientasi pada kebutuhan dengan lebih terlebih dahulu menganalisis lingkungan eksternal dan internal. Hal ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan kurikulum menghasilkan perubahan-perubahan yang strategis sebagai dampak implementasi kurikulum yang akhirnya evaluasi dan pengendalian mulai dari perencanaan, pelaksanaan,  maupun tindak lanjut kurikulum menghasilkan suatu outcome yang dapat diukur secara kuantitas maupun kualitas supaya menjadi terdidik. Oleh karena itu,  makalah ini akan membahas tentang tahapan-tahapan dalam pelaksanaan manajemen kurikulum
Pembahasan
A. Definisi
Manajemen adalah
Kurikulum dimaknai kedalam tiga aspek yaitu kurikulum sebagai bidang studi (curriculum as a knowledge), sebagai sistem (curriculum as a system), kurikulum sebagai pengalaman belajar dan sebagai rencana (currriculum as a plan). Dalam dunia pendidikan, kurikulum memegang kedudukan yang sangat penting. (Supardi. 2013.Kinerja guru. Jakarta:PT RajaGrafindo .halaman 142-143).

Jadi menurut kami, kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan,  sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu atau berkualitas.

Manajemen kurikulum adalah sebagai suatu sistem pengelolaan kurikulum yang koperatif,  komprehensip, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. (























B. Tahapan-tahapan dalam manajemen kurikulum
1. Tahap perencanaan
Perencanaan merupakan proyeksi tentang apa yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan dengan berbagai pertimbangan yang , sistemik,  disengaja. Pada tahap ini perlu juga dijabarkan menjadi rencana pembelajaran (RP). Merencanakan pada dasarnya menentukan kegiatan yang hendak dilakukan pada masa depan. Dalam langkah ini guru membuat perencanaan dengan mengaitkan berbagai pokok bahasan yang relevan dari suatu bidang studi tertentu dengan bidang studi lainnya. Kemudian menentukan materi pelajaran dari pokok bahasan masing-masing bidang studi dengan tema yang telah ditentukan , menentukan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar , merencanakan organisasi kelas,  merencanakan dan menyiapkan penilaian kegiatan belajar. Dalam tahap perencanaan ini pula perlu dipahami hal-hal sebagai berikut:
a. Menjabarkan GBPP menjadi analisis mata pelajaran (AMP).
b. Memiliki kalender akademik
c. Menyusun program tahunan (prota)
d. Menyusun program caturwulan (proca)
e. Program satuan pembelajaran (PSP)
f. Rencana pengajaran (RP)
(Fitriyanti, ovi. Dkk. Manajemen kurikulum dan pembelajaran edisi .Palembang:Noerfikri. Halaman 33).
Perencanaan dari sisten manajemen dalam pendidikan islam adalah merupakan langkah pertama yang hatus benar-benar diperhatikan oleh manajer dan para pengelola pendidikan islam. (Amilda. 2010.manajemen pendidikan islam. Palembang : grafika telindo perss. Halm 55).
Pemahaman yang demikian dapat diambil makna yang tersirat dari Firman Allah :
يا يها الذين امنوااذاضربتم في سبيل الله فتبينوا ولا تقو لوا لمن القي اليكم السلم لست مع منا تبتغو ن عرض الحيوة الدنيا فعند الله مغا نم كثيرة كذ لك كنتم من قبل فمن الله ليكم فتبينواان الله كا ن بما تعملون خبيرا

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman,  apabila kamu pergi berperang dijalan Allah,  maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan salam kepadamu; kamu bukan seorang mukmin (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari Harta benda kehidupan didunia, karena disisi Allah ada Harta yang banyak. Begitulah keadaan kamu dahulu, lalu Allah menganugrahkan nikmatnya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. Al-Nisa’ : 94).
Menurut Hamalik perencanaan kurikulum Disusun berdasarkan asas-asas yaitu objektivitas, keterpaduan, manfaat, efisiensi dan efektivitas, kesesuaian, keseimbangan, kemudahan, berkesinambungan,  pembakuan dan mutu.
Perencanaan kurikulum merupakan bagian dari upaya perwujudan sebuah Ide-ide tentang pengembangan kurikulum. Perencanaan memegang peranan penting

Jadi,  menurut kami tahap perencanaan dalam pelaksanaan kurikulum merupakan suatu langkah persiapan pelaksanaan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam langkah ini guru membuat perencanaan dengan mengaitkan berbagai pokok bahasan yang relevan dari suatu bidang studi tertentu dengan bidang studi lainnya.

2. Tahap pengorganisasian dan koordinasi

3. Tahap pelaksanaan


4. Tahap penpengendalian

5. Tahap evaluasi
Evaluaai
Penutup
Kesimpulan
Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar